Kamis, 13 Juni 2013

Pantai Marina

Lokasi :  Jln. Yos Sudarso , Tawangsari, Semarang

Jalan-Jalan ke Pantai Marina Semarang

Suka pergi ke pantai? Kalau ke Semarang, ada salah satu obyek wisata yang sesuai dengan kesukaan Anda ini. Namanya Pantai Marina. Pantai ini terletak di Semarang Barat, atau lebih tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Tawangsari. Kalau Anda naik kendaraan dari Tugu Muda Semarang, arahkan kendaraan Anda terus ke arah barat. Sekitar 1 kilometer kemudian, Anda temukan gapura bertuliskan Pekan Raya Promosi dan Pembangunan (PRPP) yang berada di sebelah kiri jalan. Masuklah ke sana dan jalan terus ke arah utara sampai Anda masuk wilayah PRPP. Lalu bersiaplah untuk belok kanan dan ikuti terus jalan lalu belok kiri.
Maka sampailah Anda di Pantai Marina. Anda akan disambut sebuah patung elang sebelum masuk kawasan ini. Patung elang yang terlihat gagah tersebut ada di pintu masuk tempat wisata ini.

Lokasi Pantai Marina tak jauh dari Puri Maerokoco dan berada di sebelah timur PRPP, tempat yang biasa digunakan sebagai tempat pameran bertajuk Jateng Fair. Kekurangan tempat ini adalah tiadanya bis kota yang turun di tempat wisata ini. Paling banter, dari Terminal Terboyo, rute terdekatnya adalah turun di PRPP atau Puri Maerokoco.

Wisata Sekeluarga

Apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Marina?
Banyak! Anda bisa naik perahu, mancing, keliling pantai atau berjalan-jalan sambil menikmati suara ombak. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti kolam renang, sky air, speed boat, dan arena bermain anak-anak. Kalau Anda mau ke pantai yang berpasir, Anda bisa ke berjalan ke arah barat pantai ini. Di sana, Anda bisa bermain pasir dan air sepuasnya. Lepaskan alas kaki Anda agar kaki bisa bersentuhan langsung dengan pasir. Anda pasti sudah lama tidak merasakannya bukan?

Di bagian barat Pantai Marina ini juga ada jembatan yang mengarah ke tengah laut. Di ujung jembatan itu biasa digunakan kapal untuk bersandar. Kendati berada di pinggir pantai, namun tempat ini tak terasa begitu panas. Sebab ada banyak pepohonan rindang di pintu masuk.

Tempat ini tepat dijadikan tujuan wisata keluarga. Jadi Anda bisa ajak seluruh anggota keluarga Anda untuk refreshing ke tempat ini. Di samping sebagai tujuan wisata keluarga, tempat ini juga sering dijadikan tempat muda-mudi yang sedang dimabuk asmara. Karena itu kalau Anda datang ke Marina, Anda akan gampang temukan pasangan muda-muda yang sedang berpacaran.

Di Pantai Marina, Anda juga bisa naik kapal. Anda bisa naik kapal kecil yang banyak “parkir” di pinggir pantai. Kapal-kapal tersebut memang digunakan untuk keperluan wisata. Anda akan diajak berlayar ke tengah laut. Anda bisa lihat bagaimana rupa Pantai Marina dari tengah laut. Juga Anda bisa pandangi Pelabuhan Tanjung Emas di sebelah timur dan kawasan bakau di sisi lainnya.
Pantai ini buka 24 jam setiap harinya. Di pagi dan sore hari, tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat jogging. Kalau Anda bosan untuk jogging di sekitar rumah Anda, niatkan untuk jogging di Pantai Marina. Bawa pakaian dan sepatu olahraga agar Anda bisa merasakan hal baru: jogging di tepi pantai.

Hasil reklamasi

Menurut sejarahnya, Pantai Marina merupakan pantai yang dibuat dari reklamasi. Dulunya tempat ini berupa hutan bakau dan tambak. Namun kemudian dilakukan reklamasi dan dijadikan bangunan perumahan, pertokoan dan perkantoran. Dan bagian sebelah utara pantai dijadikan sebagai tempat wisata yang diberi nama Pantai Marina.

Indahnnya Sunset Marina

Pantai Marina biasanya ramai dikunjungi menjelang sore hari. Mereka banyak yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbenam (sunset) di pantai ini. Matahari yang perlahan terbenam memancarkan sinarnya ke langit. Air laut yang berkilauan diterpa sang mentari senja menambah indah suasana. Apalagi jika ada perahu yang sedang melintas, akan semakin membuat syahdu suasana. Anda bisa saksikan betapa indahnya suasana sore di Pantai Marina ini. Jangan lupa untuk membawa kamera agar Anda bisa mengabadikan momen berharga ini.

Anda juga bisa jalan-jalan menelusuri pantai ini. Di beberapa bagian pantai, dibangun tembok-tembok penahan abrasi.

Kalau Anda ingin menenangkan pikiran, tempat ini rasanya juga cukup tepat. Anda bisa duduk di bangku-bangku yang sudah disediakan sambil melihat lepas ke tengah laut. Atau jika ingin lebih dekat anda bisa duduk di tembok penahan ombak yang ada di pinggir pantai. Lepaskan pandangan Anda sejauh mungkin sampai titik horison. Suara ombak yang tanpa henti terdengar mendebur ke pinggir pantai akan menghadirkan suasana nuansa tersendiri bagi Anda.
Sebelum Anda kesini, pastikan Anda tidak ketinggalan membawa jaket. Sebab angin berhembus cukup kencang. Bawa juga perbekalan seperti makanan dan minum. Sangat nikmat rasanya makan dan minum sambil merasakan hembusan angin pantai. Namun jangan lupa untuk membuang sampah di tempat yang disediakan, agar tak membuat kotor pantai ini.

Oh ya, kalau Anda tinggal di Semarang dan berencana melakukan foto pre-wedding bernuansa pantai, Pantai Marina-lah sampai saat ini satu-satunya pilihan. Anda bisa berpose di pantai, naik perahu, dan jalan-jalan di pinggir pantai.

Pantai Marina biasanya ramai pada week-end. Banyak pengunjung yang bertamasya di tempat ini. Momen lainnya yang tak kalah ramainya adalah saat pergantian malam tahun baru. Di Pantai Marina ini biasanya diadakan pesta kembang api.

Hotel terdekat :
Novotel Semarang atau Quest Hotel

Informasi Rental Mobil Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar